|

Maknai Kartini, Perempuan PKS Dorong Pendidikan Perempuan

Tak dipungkuri, Hari Kartini memang dimaknai beragam oleh berbagai kelompok. Hal ini disebabkan perspektif terhadap perjuangan Kartini memang memiliki tafsiran yg berbeda-beda. Bagi Bidang Perempuan DPP PKS, perjuangan Kartini dalam Bidang pendidikan perlu diteruskan. Dalam suratnya kepada Prof. Anton dan Nyonya, Kartini menulis:

‎​“Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum perempuan, agar perempuan lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama .”(Surat Kartini Kepada Prof. Anton dan Nyonya, 04 Oktober 1902)

Sungguh, perjuangan Kartini sebagaimana kutipan surat di atas searah dengan salah satu fokus kerja Bidang Perempuan PKS, yaitu ketahanan keluarga. Perempuan PKS berupaya mengokohkan keluarga Indonesia. Salah satunya melalui peran perempuan menjadi ibu generasi, ibu peradaban yang sholihat, cerdas, dan berdaya guna.

Melalui kutipan surat Kartini di atas, Bidang Perempuan DPP PKS mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mendukung pendidikan bagi perempuan. Pendidikan yang bukan saja mencerdaskan perempuan Indonesia tetapi juga memberikan pemahaman bahwa keseimbangan peran domestik dan publik perlu dikedepankan.

Untuk itu, direncanakan hari ini, Kamis, 21 April 2011, flyer yang berisi kutipan surat R.A. Kartini tersebut akan disebarkan kepada perempuan Indonesia. Spanduk terkait hal itu juga akan dipasang di beberapa titik di ibukota. (NHA)

Posted by Mujahid Pejuang on Kamis, April 21, 2011. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Maknai Kartini, Perempuan PKS Dorong Pendidikan Perempuan"

Leave a reply

Blog Archive

Labels